Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Sakit Internasional Bali Beroperasi pada Februari 2025

Bali International Hospital (BIH) atau Rumah Sakit Internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur ditargetkan bakal beroperasi Februari 2025.
Ilustrasi. Kondisi MRI di rumah  sakit./Ist
Ilustrasi. Kondisi MRI di rumah sakit./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Bali International Hospital (BIH) atau Rumah Sakit Internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur ditargetkan bakal beroperasi pada Februari 2025 dengan membuka layanan pengobatan hingga medical cek up.

Direktur PT. Hotel Internasional Sanur Indonesia, Doddy Akmadsyah Matondang menjelaskan rumah sakit dan klinik akan beroperasi secara bertahap. Pada Februari 2025, rumah sakit yang akan terlebih dahulu beroperasi, kemudian klinik akan beroperasi di akhir 2025.

“Kalau hotel sudah dan convention center sudah mulai beroperasi, rumah sakit akan menyusul kemudian klinik di akhir 2025. KEK Sanur akan beroperasi penuh di 2027,” jelas Doddy, Rabu (2/10/2024).

Saat ini RS Internasional Sanur masih dalam tahap persiapan menuju operasi, termasuk persiapan dokter dan tenaga kesehatan yang akan bekerja.

Doddy menyebut 20 dokter asing dan diaspora sedang melakukan proses untuk praktek di RS Internasional Sanur. Pemerintah memang membuka peluang terutama bagi dokter diaspora Indonesia untuk pulang ke tanah air dan melakukan praktek di RS Internasional pertama di Indonesia tersebut.

Doddy juga menyebut, RS Internasional Sanur tetap akan bekerjasama dengan Mayo Clinik yang berasal dari Amerika Serikat. Rumah Sakit ini juga ditargetkan tidak hanya menjadi pusat pengobatan biasa, akan tetapi menjadi pusat medical cek up atau cek kesehatan dengan target konsumen wisatawan mancanegara yang datang ke Bali dan orang kaya Indonesia yang selama ini banyak berobat ke luar negeri.

Alasan RS Internasional Sanur dijadikan pusat medical cek up karena potensi market yang besar, hal ini didukung oleh data yang menunjukkan 90% orang yang melakukan cek kesehatan di RS Internasional di luar negeri seperti Singapura, Turki dan negara lainnya dalam kondisi sehat. Hanya 10% yang datang memang untuk berobat. Mereka melakukan cek kesehatan sambil berwisata. Hal ini menurut Doddy menjadi pasar yang potensial yang bisa berdampak positif terhadap pariwisata Bali.

Untuk klinik esthetic, Doddy menjelaskan ada 7 klinik ternama di luar negeri yang sudah masuk di Sanur, terutama dari Korea Selatan, Amerika Serikat, Singapura hingga Turkiye.

Klinik esthetic negara–negara tersebut kata Doddy yang menjadi tujuan orang Indonesia melakukan perawatan, terutama kalangan artis, hingga pengusaha. Dengan mereka membuka praktek di KEK Kesehatan Sanur diharapkan bisa menarik minat orang yang selama ini melakukan perawatan ke luar negeri untuk memilih ke Bali. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper