Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dishub NTB Sediakan Shuttle Bus ke Sirkuit Mandalika, ini Lokasinya

Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyediakan shuttle bus dari sejumlah titik menuju kawasan sirkuit Pertamina Mandalika.
Teknisi sedang melakukan pemeliharaan rutin tower BTS di dekat Sirkuit Mandalika./Ist
Teknisi sedang melakukan pemeliharaan rutin tower BTS di dekat Sirkuit Mandalika./Ist

Bisnis.com, DENPASAR - Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyediakan shuttle bus dari sejumlah titik menuju kawasan sirkuit Pertamina Mandalika. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Mohammad Faozal menjelaskan shuttle disediakan di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram sebanyak 45 unit kendaraan, dengan rincian 10 bus besar, 15 bus medium dan 20 kendaraan hiace. Dishub juga menyediakan 5 unit Hiace di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok. 

"Shuttle yang kami sediakan sudah siap beroperasi untuk melayani penonton dari Kota Mataram, dari Bandara ke Mandalika," jelas Faozal kepada media dikutip, Rabu (25/9/2024). 

Selain shuttle, penonton dari luar daerah dan luar negeri juga bisa memanfaatkan Angkutan Sewa Khusus (ASK) yang sudah disediakan. Faozal menyebut terdapat 286 unit taksi dan 8 unit armada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) serta 14 unit pemandu moda.

Selain itu, Faozal juga memastikan moda transportasi laut dan udara juga siap melayani kedatangan penonton MotoGP ke Mandalika. Di Pelabuhan Lembar, terdapat 20 unit kapal rute Padangbai - Lembar dibawah koordinasi ASDP, kemudian 4 unit kapal rute Surabaya - Lembar, 3 unit kapal rute Tanjuwangi - Gilimas. Penonton yang dari Pulau Sumbawa juga disiapkan 27 unit kapal dari Pelabuhan Poto Tano - Kayangan. 

Bandara Lombok juga beroperasi selama 24 jam selama event MotoGP. Hingga saat ini sudah ada 74 permintaan penerbangan tambahan dari maskapai untuk membawa penonton MotoGP ke Lombok. Dengan adanya rute baru Pelita Air ini, maka saat ini Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok melayani 10 rute domestik reguler (Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Balikpapan, Batam, Bima, Sumbawa) yang dilayani oleh 7 maskapai (Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Super Air Jet, Wings Air, Indonesia AirAsia, Pelita Air) serta 2 rute internasional (Kuala Lumpur dan Singapura) yang dilayani oleh 4 maskapai (Indonesia AirAsia, AirAsia Berhad, Batik Air, Scoot).

Dinas Perhubungan menghimbau masyarakat lokal untuk tidak membawa mobil pribadi ke Mandalika agar tidak terjadi kemacetan panjang seperti event MotoGP pertama. Masyarakat atau penonton diharapkan menggunakan shuttle atau sepeda motor ke Mandalika. 

MotoGP Mandalika akan berlangsung pada 27 - 29 September 2024, MotoGP ini akan menjadi seri ke-15 dan salah satu seri penting untuk penentuan juara MotoGP. Pembalap Ducati Francesco Bagnaia pada MotoGP Mandalika 2023 sukses keluar sebagai juara dengan raihan waktu 40 menit 20 detik. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper