Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Berikan Tax Holiday Hingga 20 Tahun bagi Investor di KEK Sanur

Pemerintah memberikan fasilitas tax holiday atau insentif pajak bagi investor yang menanamkan modal minimal Rp100 miliar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur.
Ilustrasi sistem pajak./Dok Freepik
Ilustrasi sistem pajak./Dok Freepik

Bisnis.com, DENPASAR - Pemerintah memberikan fasilitas tax holiday atau insentif pajak bagi investor yang menanamkan modal minimal Rp100 miliar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur.

Bagi investor yang menanamkan modal Rp100 miliar, akan mendapat tax holiday 10 tahun, jika nilai investasinya Rp500 miliar ke atas, investor akan mendapat tax holiday selama 15 tahun, kemudian nilai investasi minimal Rp1 triliun akan bebas pajak hingga 20 tahun

Direktur PT. Hotel Internasional Sanur Indonesia, Doddy Akhmadsyah menjelaskan fasilitas tax holidays ini diberikan bagi Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola (BUPP) dan pelaku usaha yang kegiatan utamanya di KEK Kesehatan Sanur.

Insentif pajak yang didapat oleh investor antara lain Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) dimana Barang Kena Wujud (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP) tidak dipungut. Kemudian investor juga dibebaskan dari cukai untuk bahan baku atau bahan penolong, kemudian ada juga pengurangan pajak daerah dan atau retribusi daerah sebesar 50-100%.

Investor juga mendapat fasilitas non fiskal mulai dari pelayanan perizinan satu pintu melalui administrator KEK Kesehatan Sanur. Investor juga tidak perlu memiliki Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) asal sudah memiliki pedoman bangunan atau estate regulation.

“PBG tidak diperlukan sepanjang badan usaha sudah menetapkan pedoman bangunan atau estate regulation. Kemudian untuk pertanahan PKPR terbit otomatis, HGB atu Hak Pakai sekaligus,” jelas Doddy di FGD Badan Pusat Statistik (BPS) Bali dikutip, Kamis Rabu (3/10/2024).

Berbagai insentif ini diberikan untuk menarik minat investasi di KEK Kesehatan Sanur, sepanjang 2024, realisasi investasi Rp938,4 miliar atau 67,9% dari target investasi sebesar Rp1,38 triliun. Dari realisasi tersebut sudah menyerap 851 tenaga kerja. Secara kumulatif realisasi investasi mencapai Rp2,99 triliun, dengan serapan tenaga kerja sejumlah 2.853 orang.

Doddy juga menjelaskan kehadiran KEK Kesehatan Sanur telah memberikan multiplier effect bagi Bali, seperti terserapnya tenaga kerja lokal dan tumbuhnya UMKM di sekitar kawasan, KEK Sanur juga menyediakan 50 gerai untuk UMKM. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper