Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Negara Mulai Beroperasi, Ratusan Pedagang Mulai Berjualan

Ratusan pedagang mulai berjualan di Pasar Negara, Kabupaten Jembrana setelah revitalisasi rampung.
Pasar Negara Bahagia, Kabupaten Jembrana setelah revitalisasi./Ist
Pasar Negara Bahagia, Kabupaten Jembrana setelah revitalisasi./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Ratusan pedagang mulai berjualan di Pasar Negara, Kabupaten Jembrana setelah revitalisasi rampung. Sejak Selasa (17/9/2024) pasar sudah terlihat ramai dan pedagang mulai melayani masyarakat yang datang untuk membeli berbagai kebutuhan.

Pemerintah Kabupaten Jembrana mencatat, jumlah pedagang kios yang masuk mencapai 181 pedagang dan 220 pedagang di gedung los yang berada di belakang. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menjelaskan pada Rabu (18/9/2024) pedagang insidentil yang saat ini berjualan di Pasar Ijogading secara bertahap juga akan pindah.

Tamba menyebut langkah ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Jembrana untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta menyediakan fasilitas yang lebih nyaman dan modern namun tanpa meninggalkan kesan tradisional  bagi pedagang dan pembeli.

Berbagai fasilitas yang dibangun di Pasar Negara Bahagia bertujuan untuk menjadi pusat perekonomian dan niaga di Kabupaten Jembrana. Dilengkapi dengan lapak yang lebih tertata, area parkir luas, serta fasilitas umum yang memadai, Pasar Negara Bahagia diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan ekonomi yang lebih produktif dan teratur.

Menurutnya, dengan bangunan pasar yang baru, pedagang harus lebih semangat lagi berjualan sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga dan Jembrana.

"Pasar Negara Bahagia hadiah dari kunjungan Presiden Jokowi ke Jembrana. Ini juga semangat kebangkitan ekonomi Jembrana menuju Jembrana Emas 2026," jelas Tamba dari siaran pers, Rabu (18/9/2024).

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Negara, Bu Jero berharap dengan bangunan pasar yang  baru ini, pasar bisa lebih ramai sehingga perekonomian bangkit. Pedagang yang belum pindah ke pasar baru, diharapkan bisa lebih cepat pindah agar aktivitas niaga di pasar bisa lebih cepat pulih. ”Semoga rejeki dilancarkan,” ujar Bu Jero.

Pasar Negara Bahagia yang dulu dikenal dengan Pasar Umum Negara dibangun dengan alokasi anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR sekitar Rp140 miliar. Pembangunan pasar yang dimulai pada bulan September 2023, sudah selesai dan bertahap pedagang sudah pindah dari tempat relokasi sementara ke pasar baru.

Keberadaan pasar ini tidak hanya sebagai pusat niaga tetapi juga sebagai pusat wisata. Karena sesuai tujuan awal, Pasar Negara Bahagia ini sebagai pasar tematik niaga dan wisata. Pendukung bisa datang ke pasar tradisional dengan gaya modern dari segi arsitektur, sarana dan prasarana yang ada. Termasuk berbagai fasilitas yang bisa dinikmati anak anak muda.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper